Senin, 12 November 2007

Jaringan Telekomunikasi

Jika anda ingin berkomunikasi dengan menggunakan telepon ke teman anda, anda perlu alat yang dapat menangkap telepon anda dengan telepon teman anda. Begitu pula jika anda ingin melihat siaran lewat televisi dari Amerika atau Eropa, Anda perlu alat untuk menangkap siaran tersebut. Alat yang dapat menghubungkan komunikasi suatu alat ke komunikasi lainnya berarti jaringan. Ada beberapa jaringan yang digunakan dalam bidang telekomunikasi, yaitu sebagai berikut.
a. Wireless
Wireless biasanya disebut sebagai jaringan komunikasi nir kabel (tanpa kabel), itu itu jaringan komunikasi menggunakan gelombang radio / frekuensi tertentu yang berfungsi sebagai pengantar informasi. Jaringan komunikasi ini menggunakan alat pemancar, penguat, dan data berisi penerima gelombang. Wireless sering digunakan oleh komputer untuk saling berkomunikasi ke komputer lainnya.
b. Modem
Modem kependekan dari modulator demodulator. Modem ini berfungsi mengirimkan data dari bentuk data komputer menjadi data dalam wujud elektromagnetik.
Terdapat berbagai jenis modem yang beredar dipasaran dengan mengirimkan kecepatan bermacam-macam, yaitu 14400 bps; 28800 bps; 56000 bps; 128000 bps; 1,54 mbps; 4 mbps; dan 10 mbps.
Pemilihan modem ini adalah sangat tergantung pada kebutuhan anda. Oleh karenanya, pilih modem dengan kecepatan transfer tinggi, sebagai contoh 10 mbps, artinya dalam satu detik dapat mengirimkan sampai 10 mega karakter.
c. Satelit
Satelit yaitu jaringan komunikasi berfungsi sebagai pemancar, penerima, dan penguat gelombang. sistem komunikasi ini menggunakan gelombang elektromgnetik sebagai pengirim datanya. Biasanya satelit ditempatkan langit bagian luar. Hampir seluruh telekomunikasi menggunakan satelit sebagai jaringan utamanya.
d. Wireline
Wireline merupakan sebuah jaringan yang mirip dengan wireless. Perbedaannya, wireless merupakan jaringan tanpa kabel, sementara wireline jaringan yang menggunakan kabel. Mungkin anda punya telepon di rumah yang diproduksi oleh PT Telkom.Itulah salah satu dari penggunaan wireline.
Telepon yang menggunakan kabel (wireline), dapat juga digunakan mengakses internet, yaitu dengan cara menghubungkan kabel telepon ke port komputer . Akan tetapi, ada juga telepon yang menggunakan jaringan wirelwss atau jaringan tanpa kabel, seperti Telkom Flexi.

Sumber : Kuswayatno, Lia. 2006. Mahir dan Terampil Berkomputer. Bandung: Grafindo Media Pratama

11 komentar:

Anonim mengatakan...

frekuensi tertentu yang berfungsi sebagai pengantar informasi.
pertanyaan : berapa besar frekuensi dari wirelees ini?

Anonim mengatakan...

1.please correct this sentence!
modem this functioned to transfer data from computer data form menjadidata in the form of electromagnetic.

Anonim mengatakan...

Besar frekuensi dari wireless tergantung dari wireless yang dipakai. Wireless dapat bekerja pada frekuensi 2,4 Ghz, dengan kecepatan data teoritis maksimal 2 Mbps.

Anonim mengatakan...

Kelompok 2,

@ How many kind of Modem do you know and whose of them is perfect for our daily activities?
@ plus and mines of both?

please explain your answer!!!!
good luck!!!

Anonim mengatakan...

1. can wireless use to Internet and how step it ?
2. can we use to call if the wireline still connect to Internet ?
I wait your answer quickly oc !!!!!

Anonim mengatakan...

what the adventage of wireline and wireless?an what disadvantage of it all?

apa keuntungan dan kerugian wireline dan wireless?

Anonim mengatakan...

what the advantage and disadvantage of wireline and wirelees?

Anonim mengatakan...

from many telecomunication network, can you mention, what aplication that use telecomunication network, more than one??

I wAiT YoUr aNsWeR

Anonim mengatakan...

can you explain how to the telecommunication network work in the rocket????

i need your answer exxpreessss

Anonim mengatakan...

@ Kelompok 3
the advantage of wireless. . . . can accessing without" collid" with another network so that we can accessing more faster.
the disavantage of wireless. . . . there is no loss (only based on from the finance problem that can we take as problem) installing price/cost for the maker must take outside more many costs again
.

the advantages of wireline. . . . for cheaper the installing cost than wireless
the disavantages of wireline. . . . to accessing it us also meributkan with networks existence lai sehingaga we can not accessing network spatially or our wish is to looks for and find access, with can cause" collid" with another network.

Anonim mengatakan...

A huge dick in my pussy,the warm wet tounge up my personal arse and cum
as well as pussy juice all over me. Fuck, ozzy

Review my web page: hcg injections